contoh RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT)




RENCANA KERJA TAHUNAN
 (RKT)







 

















YAYASAN AL – MA’RIFAT PAMARAYAN
MTs DARUL MA’RIFAT
AKTA NOTARIS : FITRA DENI, SH. MKn. MSi. NO 01 TANGGAL 01 AGUSTUS 2013  SK. MENKUMHAM RI : AHU-6435.AH.01.04.Tahun 2013
SK MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR : Kw.28.4/4/PP.00/3971.A./2015
Jl. Cayur – Pengawinan KM. 01 Ds. KampungbaruKec. PamarayanKab. Serang – Banten 42176
HP. 0819 1127 4007
 




BAB  I
PENDAHULUAN
                                                                                                          
A.    Kondisi Letak Geografis, Demografis, Sosial Ekonomi, dan lain-lain
1.         Kondisi Letak Geografis
MTs Darul Ma’rifat adalah sekolah yang terletak di kawasan pertanian dan perkampungan, berjarak 16 km di sebelah timur dari batas kabupaten serang, tepatnya terletak di Jl. Cayur – Pengawinan Km. 01 Ds Kampung Baru Kec. Pamarayan Kab. Serang. MTs Darul Ma’rifat dengan luas kurang lebih 1500 m2, berada 1 kilometer dari jalan raya sehingga sangat terbebas dari kebisingan lalu lintas.
Di lingkungan MTs Darul Ma’rifat terdapat 2 SD yaitu SDN Kampung Baru dan SDN Pasir Padukuhan yang mayoritas lulusan dari kedua SD tersebut masuk ke MTs Darul Ma’rifat dan sekitar 30% masuk ke SMP/MTs sekitar. MTs Darul Ma’rifat berjarak sektitar 4-5 kilometer dari SMP/MTs terdekat.
2.         Kondisi Demografis
Masyarakat di lingkungan MTs Darul Ma’rifat mayoritas berprofesi sebagai petani, buruh, pedagang, dan lain-lain.
Masyarakat di wilayah MTs Darul Ma’rifat terdiri dari berbahasa jawa dan sunda dengan menganut agama Islam.
3.         Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat
Kemampuan ekonomi masyarakat di lingkungan MTs Darul Ma’rifat mayoritas baik walaupun masih terdapat masyarakat miskin yang umumnya bekerja sebagai petani atau buruh tani yang menyekolahkan anak-anaknya ke MTs Darul Ma’rifat.
4.         Kondisi Politik dan Keamanan
Dalam bidang politik, pada umumnya masyarakat di lingkungan MTs Darul Ma’rifat, tidak terlibat kegiatan politik praktis. Hal ini disebabkan masyarakat di lingkungan MTs Darul Ma’rifat adalah masyarakat pekerja, yang kegiatannya berkonsentrasi pada bidang pertanian.
Lingkungan di kampung cukup aman karena didukung oleh kesadaran seluruh masyarakat untuk hidup bersama, yang rukun, saling menghargai, saling menghormati, menjaga keharmonisan, dan keamanan lingkungan. Seperti ditunjukkan oleh kesediaan melaksanakan kegiatan gotong royong, siskamling, dan sebagainya.
5.         Kondisi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Perkembangan IPTEK di lingkungan MTs Darul Ma’rifat terbilang pesat, hal ini dibuktikan dengan mayoritas masyarakat memiliki alat akses teknologi terkini seperti HP, TV, komputer, internet dan lain-lain.

6.         Kondisi Kebijakan Pemerintah
Kondisi kebijakan pemerintah saat ini sangat mendukung perkembangan kemajuan pendidikan. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Beasiswa Siswa Berprestasi Akademik dan Non-Akademik, dan lain-lain.
Kebijakan pemerintah lainnya yang juga mendukung kemajuan pendidikan yaitu bantuan pengadaan atau perbaikan sarana dan prasarana, tunjangan guru, pelaksanaan diklat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan lain-lain. Hal ini sangat memungkinkan karena mulai tahun anggaran 2009 pemerintah telah menganggarkan APBN sebesar 20% untuk sektor pendidikan.

B.     VISI
Visi Sekolah adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan masa depan sekolah yang secara khusus diharapkan oleh Sekolah. Visi Sekolah merupakan turunan dari Visi Pendidikan Nasional, yang dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk pengembangan sekolah dimasa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Adapun visi MTs Darul Ma’rifat  :  Kreatif, Intelek, Berakhlakul Karimah Aktif Dan Religius (K I B A R)

C.    MISI
Dalam upaya mewujudkan visi tersebut di atas, Misi MTs Darul Ma’rifat adalah sebagai berikut:
1.      Membentuk pribadi yang terampil
2.      Mewujudkan insan intelek dan cerdas sehingga mampu menjawab tantangan perubah jaman
3.      Menanam jiwa sosial yang belandaskan syari’at islam
4.      Mendorong aktifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
5.      Berpegang teguh pada aqidah islamiyah dalam amaliah

D.    TUJUAN

1)      Mewujudkan terciptanya lembaga pendidikan yang modern
2)      Mewujudkan lulusan yang berpengetahuan luas
3)      Mewujudkan lulusan yang menguasai kompetensi dalam bidang ilmu agama dan pendidikan umum lainnya
4)      Membina lulusan untuk selalu komit terhadap profesi pendidikan dan peduli pada perkembangan serta ketentuan pendidikan.
E.     IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN)
No.
Standar Nasional Pendidikan
Kondisi saat ini
Kondisi Ideal (SNP)
Besarnya Tantangan
1.
Standar Kompetensi Lulusan
a
Aspek  Kecerdasan




1)      Rata-rata UN
4,83
10,00
5,17

2)      Rata-rata pencapaian KKM semua mata pelajaran pada semua tingkatan kelas
75,00
100
23

3)      Jumlah lulusan yang melanjutkan pendidikan
95%
100%
5%

4)      Tingkat “drop-out” siswa
0%
0%
2%





b
Aspek Pengetahuan




1)      Kegiatan pembiasaan
17 jenis
10 jenis
jenis

2)      Pengalaman belajar dengan memanfaatkan lingkungan




3)      Pentas seni
1 kali
2 kali
1 kali
c
Aspek Kepribadian




1)      Juara lomba Layanan Konseling
-
Juara 1 Tk. Nas.
3 Tk.
d
Aspek Ahlak Mulia




1)      Penyuluhan tentang akhlak mulia
2 jenis
5 jenis
3 jenis
e
Aspek Kecakapan Untuk Hidup




1)      Karya kreatif siswa
2 jenis
20 jenis
18 jenis
f
Aspek Pendidikan Lanjut




1)      KSM
2)      OSN
3)      FLS2n
4)      O2SN

-

-
Tingkat Nasional
Tingkat Nasional


3 Tk.
1 Tk.
1 Tk.
2
Standar Isi
a
Aspek Muatan Kurikulum




1)      Muatan Kurikulum
6 muatan
9 atau lebih muatan
3 muatan
b
Silabus




1)      Tersusun silabus semua Mapel
Dok. KTSP mencakup 14 MP dan 1 Mulok
Dok. KTSP lengkap
1 PKH, 1 PTD, 1 PBKL
c
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




1)      Tersusun RPP semua Mapel
Dok. RPP mencakup 14 MP dan 1 Mulok
Dok. RPP lengkap
1 dok. MP, 1 PKH, 1 PTD, 1 PBKL

2)      Pengembangan Bahan Ajar semua MP
35%
100%
65%
3.
Standar Proses
a.
Persiapan pembelajaran




1)      Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar
60%
100%
40%
b.
Pelaksanaan proses pembelajaran




1)      Persyaratan Pembelajaran: pengelolaan kelas
5 baik
9
4

2)      Pelaksanaan pembelajaran
60%
100%
40%
c.
Pelaksanaan penilaian pembelajaran
30%
100%
70%





d.
Pengawasan proses pembelajaran
3 keg
7 keg
4 keg
4
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.
Kepala sekolah




Pelatihan kewirausahaan
1
4
3
b.
Guru




Pelatihan penelitian pendidikan
40%
100%
60%
c.
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll




Kursus MS-office
25%
100%
75%
5
Standar Sarana dan Prasarana
a.
Sarana dan Prasarana Minimal




Ruang lab IPA
1 ruang
2 ruang
1 ruang
b.
Sarana dan Prasarana Lainnya




Gudang penyimpanan alat
1
4
3
c.
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian




Pengadaan MMP
3
21
18
6.
Standar Pengelolaan
a.
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan




Dokumen RKS dan RKAS
0
1 dokumen
1 dokumen
b.
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:




Dokumen mekanisme, tugas, fungsi organisasi
75%
100%
25%
c.
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
60%
100%
20%





d.
Kemitraan dan peranserta masyarakat
80%
100%
20%





e.
SIM sekolah
75%
100%
25%





7.
StandarKeuangan dan Pembiayaan
a.
Sumber dana
1 sumber
5 sumber
4 sumber
b.
Pengalokasian dana
5 SNP
8 SNP
3 SNP
c.
Penggunaan dana
Sesuai
sesuai
-
d.
Pelaporan penggunaan dana
90% sesuai
100%
20%
e.
Dokumen pendukung pelaporan
90% sesuai
100%
10%
8.
Standar  Penilaian Pendidikan
a.
Frekuensi ulangan harian oleh guru
3
5
2
b.
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru
2
2
2
c.
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah
80% sesuai
100%
20%
d.
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah
80% sesuai
100%
20%
e.
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran
3 cara
6
3
f.
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian
4 jenis
8
4
g.
Variasi instrumen penilaian
2 variasi
5
3
h
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas
2 variasi
6
4
i
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru
2 cara
4
2
j
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah
2 cara
4
2
9
Budaya dan Lingkungan Sekolah
a.
Budaya bersih
60%
100%
40%
b.
Lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
60%
100%
40%
c.
Sistem sanitasi/drainasi
70%
100%
30%
d.
Budaya tata krama “in action”
70%
100%
30%
e.
Kerjasama dengan lembaga lain
4 lembaga
10
6

F.     PROGRAM STRATEGIS
Silakan saudara menuliskan program strategis apa yang akan saudara lakukan untuk mencapai tujuan dalam jangka waktu 4 tahunan kedepan, lengkapi program strategis dengan 8 SNP.
1.      Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan:
Dengan Program Strategisnya :
a.       Peningkatan prestasi akademik.
b.      Peningkatan prestasi non-akademik
2.      Pemenuhan Standar Isi:
Dengan Program Strategisnya :
a.     Pengembangan dokumen KTSP lengkap.
b.    Pengembangan dokumen bahan ajar lengkap dan sebagian berbasis IT.
c.     Pengembangan diri

3.      Pemenuhan Standar Proses:
Dengan Program Strategisnya :
a.       Penggunaan model dan strategi pembelajaran kontekstual
b.      Penggunaan sumber dan bahan pembelajaran beragam
c.       Melaksanakan supervisi, evaluasi, dan monitoring pembelajaran.
4.      Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
Dengan Program Strategisnya :
a.       Pengembangan/peningkatan kompetensi pendidik dalam aspek profesionalisme
b.Pengembangan kompetensi tenaga kependidikan dan lainnya.
5.      Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
Dengan Program Strategisnya :
a.       Pembangunan WC siswa.
b.      Pengadaan media pembelajaran yang inovatif.
c.       Pengadaan Multimedia Proyektor
6.      Pemenuhan Standar Pengelolaan:
Dengan Program Strategisnya :
a.       Pengembangan RKS dan RKAS
b.      Pengembangan dan pendayagunaan SDM sesuai dengan tugasnya
7.      Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:
Dengan Program Strategisnya :
a.       Menjembatani dan menjalin kerja sama dengan penyandang dana
b.      Pendayagunaan potensi sekolah dan lingkungan untuk menghasilkan keuntungan.
8.      Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
Dengan Program Strategisnya :
a.       Pengembangan perangkat penilaian pembelajaran.
b.      Workshop penyusunan butir soal standar
9.    Pengembangan Budaya dan lingkungan sekolah
Dengan Program Strategisnya :
a. Pengembangan budaya bersih
b. Pemenuhan sistem sanitasi dan drainasi
c. Pelaksanaan lomba kebersihan.
G.    STRATEGI PELAKSANAAN
  1. Dalam program peningkatan prestasi akademik: strateginya adalah pembelajaran bermutu, melaksanakan bimbingan belajar khusus pada mata pelajaran tertentu sesuai kebutuhan siswa.
  2. Dalam program peningkatan prestasi non-akademik: strateginya adalah menjaring siswa berbakat dan melaksanakan kegiatan latihan ekstrakurikuler.
  3. Dalam program Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: strateginya adalah koordinasi dengan Jejaring Kurikulum Tingkat Kab/Kota/Propinsi, Komite Sekolah dan stakeholder lain dalam melaksanakan kunjungan, workshop, lokakarya, seminar, in House Training, dll untuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  4. Dalam program pengembangan bahan ajar berbasis IT: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan workshop penyusunan bahan ajar sesuai hasil TNA.
  5. Dalam program supervisi, evaluasi, dan monitoring pembelajaran: strateginya menyusun program supervisi, mengomunikasikan program supervisi kepada warga sekolah, dan menyampaikan laporan hasil supervisi kepada pihak terkait.
  6. Dalam program peningkatan kompetensi bagi pendidik: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan seminar pengembangan kompetensi pendidik dalam aspek profesionalisme.
  7. Dalam program peningkatan kompetensi bagi tenaga kependidikan: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan kursus MS-Office tenaga kependidikan dan lainnya.
  8. Dalam program peningkatan standar pengelolaan: strateginya melakukan rapat dewan guru dan TU untuk membentuk tim pengembang RKS dan RKAS, menyusun jadwal kegiatan, dan melaksanakan kegiatan pengembangan RKS dan RKAS.
  9. Dalam program peningkatan standar penilaian: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan, menyusun jadwal, menentukan instruktur, melaksanakan workshop penulisan butir soal standar.

H.                HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan tercapai atau terpenuhi dari program-program di atas antara lain :
              1.            Peserta didik lulus 100%.
              2.            Peserta didik memperoleh juara 1 dalam setiap even lomba/pertandingan.
              3.            KTSP tersusun lengkap.
              4.            Bahan ajar berbasis IT dimiliki dan digunakan pada setiap mata pelajaran dan Mulok.
              5.            Supervisi terlaksana sesuai jadwal.
              6.            Seminar pengembangan kompetensi pendidik dalam aspek profesionalisme terlaksana dengan baik.
              7.            Kursus MS-Office tenaga kependidikan dan lainnya terlaksana dengan baik.
              8.            Pengembangan RKS dan RKAS terdokumentasi sesuai pedoman.
              9.            Guru mampu menyusun butir soal standar.




BAB II
PROGRAM KEGIATAN STRATEGIS

Program Strategis yang dirancang untuk empat tahun mendatang ini mengacu kepada Kebijakan Mutu yang telah ditetapkan oleh MTs Darul Ma’rifat pada tahun pelajaran 2018/2019. Program Strategis ini direncanakan untuk dijadikan panduan dalam pengelolaan sekolah dan rujukan dalam pengambilan keputusan dari setiap inovasi yang terjadi selama pembelajaran.

Sasaran
Program
( Indikator)
Kegiatan
Indikator Kegiatan
Penanggung Jawab
1.   Melaksanakan dengan Konsisten konsep pendidikan yang berwawasan lingkungan dalam seluruh proses pembelajaran dan Kegiatan kelembagaan.
Program Pengembangan penerapan Pendidikan Berwawasan Internasional

1.  Termuatnya nilai-nilai yang berwawasan internasional dalam RPP ,    
2. Terlaksananya penanaman nilai-nilai berwawasan Internasional di dalam pembelajaran                                  
3.  Adanya penanaman nilai-nilai religius dalam setiap program sekolah.
4.  Guru memiliki pemahaman terhadap konsep pendidikan berwawasan Internasional.
1. Workshop tentang penerapan konsep pendidikan berwawasan internasional dalam perencanaan pembelajaran
1. Semua guru mengikuti Workshop tentang penerapan konsep pendidikan berwawasan internasional dalam perencanaan pembelajaran
Kepsek dan kurikulum
2.   Membangun iklim dan budaya sekolah yang didasari pada konsep Pendidikan Berbudaya Lingkungan.
Program Pemahaman tentang iklim dan budaya sekolah yang didasari pada konsep Pendidikan Berbudaya Lingkungan.

1. Kualitas pemahaman Guru terhadap konsep pendidikan Berbudaya Lingkungan.
1. Sosialisasi tentang konsep Berbudaya Lingkungan kepada semua guru.


1.  semua guru mendapatkan sosialisasi tentang konsep dan penerapan Pendidikan Berbudaya Lingkungan

Kepsek
3.   Mengembangkan Kurikulum  yang menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah.
Program pengembangan Kurikulum  yang menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah

1.   Terimplementasinya muatan berfikir ilmiah dalam kegiatan pembelajaran
1.  Seminar tentang Student Centre Learning (SCL)
1. Semua guru mengikuti Workshop tentang Student Centre Learning (SCL).
Kepsek dan Kurikulum
4.  Mengembangkan Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang berkesinambungan antar jenjang satuan pendidikan lainnya
Program Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk semua level kelas

1.   Terlaksananya kegiatan sosialisasi KTSP kepada para semua guru

2.Tersusunnya dokumen  KTSP
1.Pelaksanaan kegiatan sosialisasi KTSP kepada para guru

2.   Penyusunan KTSP untuk semua level

1. Semua guru mengikuti Sosialisasi tentang KTSP


2. Semua guru terlibat dalam penyusunan KTSP
Wk. Kurikulum
5. Meningkatkan Pencapaian kompetensi Akademik siswa.
Program Peningkatan Pencapaian kompetensi Akademik siswa


1.Tercapainya nilai ulangan harian berdasarkan Nilai KKM
2.Tercapainya nilai ulangan  Tengah Semester berdasarkan Nilai KKM
3. Ketercapaian  nilai Ujian Akhir Semester berdasarkan Nilai KKM
4. Peningkatan rerata nilai Ujian Nasional dan Ujian Akhir Sekolah dari tahun sebelumnya
5. Tercapainya target kelulusan

1. Program Supervisi KBM di kelas
2. Kegiatan Pengayaan Mapel
3. Kegiatan Remedial
4. Kegiatan Privat
5. Kegiatan Konseling
6. Kegiatan AMT
1. Semua guru tersupervisi secara administrasi maupun kegiatan pembelajaran di kelas.
2. Semua siswa di atas rata-rata mendapatkan program pengayaan.
3. Semua siswa di bawah rata-rata mendapatkan program Remedial,privat, dan konseling.
4. Semua mendapatkan nilai akhir setiap ujian memenuhi KKM
Wk. Kurikulum dan wali kelas
6. Meningkatkan penggunaan ketrampilan proses dalam pembelajaran. 
Program peningkatan penggunaan ketrampilan proses dalam pembelajaran

1.Tersosialisasikannya konsep tentang ketrampilan proses dalam pembelajaran .
2. Banyaknya guru yang menerapkan keterampilan proses dalam pembelajaran.
3. Jumlah RPP yang menggunakan keterampilan proses

1. Pelatihan Pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran.
1. Setiap Guru mendapat sosialisasi konsep tentang ketrampilan proses dalam pembelajaran .
2. Setiap Guru guru yang menerapkan keterampilan proses dalam pembelajaran
Kurikulum
7. Meningkatnya mutu pelayanan siswa dalam pembelajaran
Program Peningkatan mutu pelayanan siswa dalam pembelajaran

1. Meningkatnya jumlah siswa yang merasa puas dalam pelayanan pembelajaran.
2. Menurunnya Jumlah keluhan orang tua terhadap pembelajaran
 3. Meningkatnya Jumlah konsultasi studi atau karier oleh siswa/ orangtua kepada guru BK
2.   Tercukupinya rasio guru BK terhadap siswa
1. Layanan Konseling oleh guru BK
1. Setiap Siswa merasakan kepuasan dalam pembelajaran.
2. Terfasilitasinya keluhan orang tua terhadap pembelajaran.
3. Setiap siswa menggunakan layanan konseling
4. Rasio guru BK tercukupi.
Wk. Kesiswaan dan guru BK
8. Melaksanakan pengembangan kurikulum dalam pembuatan RPP dan instrumen evaluasi
Program pengembangan kurikulum dalam pembuatan RPP dan instrumen evaluasi

1. Jumlah guru yang membuat RPP
2. Jumlah guru yang membuat kisi-kisi evaluasi untuk semua pokok bahasan
3. Jumlah guru yang membuat alat evaluasi untuk semua pokok bahasan
4. Jumlah guru yang melakukan analisa hasil evaluasi
1. Supervisi RPP
2. Pelatihan tentang Evaluasi Pembelajaran
1. Setia guru mendapat supervisi RPP
2. Setiap guru mengikuti Pelatihan tentang Evaluasi Pembelajaran
3. setiap guru membuat RPP.
4. Setiap Guru membuat kisi-kisi alat evaluasi.
5. Setiap Guru melakukan analisa hasil evaluasi.
Kepala Sekolah dan Kurikulum
9. Meningkatkan keterampilan belajar (learning how to learn) untuk siswa
Program Peningkatan keterampilan belajar (learning how to learn) untuk siswa.

1.  Meningkatnya jumlah siswa yang memiliki ketrampilan dalam mempelajari sebuah mata pelajaran
1. Pelatihan tentang Learning How To Learn bagi para siswa.
2. Seminar Psikologi
Semua siswa/i mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar tentang ketrampilan dalam mempelajari sebuah mata pelajaran
Kepala sekolah
10. Mengembangkan Riset Kependidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran
Program pengembangan Riset Kependidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran

1. Terlaksananya sosialisasi penelitian tindakan kelas
2. Terlaksananya seminar proposal dan hasil penelitian tindakan kelas
3. Terlaksananya guru yang mengadakan penelitian tindakan kelas
1. Kegiatan sosialisasi tentang PTK
2. Pelatihan PTK untuk semua guru
3. Seminar Judul PTK untuk guru
1. Semua guru mengikuti kegiatan sosialisasi dan workshop PTK
2. Semua guru melaksanakan Penelitan Tindakan Kelas
Wk Kurikulum
11. Mengembangkan sumber belajar yang beragam dan bermutu
Program pengembangan sumber belajar yang beragam dan bermutu.

1. Meningkatnya jumlah guru yang menggunakan sumber belajar yang beragam
2. Terlaksananya sosialisasi sumber belajar
1. Sosialisasi tentang pentingnya penggunaan sumber belajar.
2. Pelatihan tentang sumber belajar
3. Pelaksanan supervisi tentang penggunaan sumber belajar
1. Semua guru mengikuti pelatihan tentang menggunakan sumber belajar yang beragam
2. Terlaksananya supervisi penggunaan sumber belajar
Wk Kurikulum
12.Menggembangkan media pembelajaran yang beragam, efektif dan efisien
Program Pengembangan media pembelajaran yang beragam, efektif dan efisien

1. Meningkatnya Jumlah guru yang menggunakan media dalam pembelajaran yang beragam, efektif dan efisien
1. Pelatihan tentang media pembelajaran.
2. Pengadaan sarana media pembelajaran
3. Pengadaan 4 kelas yang menggunakan LCD dan CPU
1. Semua guru mengikuti pelatihan tentang menggunakan media pembelajaran yang beragam, efektif dan efisien
2. Tersedianya sarana media pembelajaran yang beragam
Kepsek dan Wk.Kur
13. Menumbuhkan jiwa Kesatriaan yang jujur, amanah, santun, berani, dan amar ma’ruf nahi munkar.
Program Penumbuhan jiwa Kesatriaan yang jujur, amanah, santun, berani, dan amar ma’ruf nahi munkar.

1. Terlaksanakan kegiatan ekstra kurikuler secara terpadu.
2. Meningkatnya keterlibatan siswa dalam sebuah kegiatan kesiswaan.
3. Terlaksananya  kegiatan kesiswaan yang dikelola oleh OSIS.
4. Tersusunnya panduan pengelolaan ekstra kurikuler dan OSIS

1. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.
2. Pelaksanaan kegiatan OSIS
3. Penyusunan pedoman kegiatan OSIS
1. Semua siswa dapat mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan minat dan bakatnya.
2.Terselenggaranya kegiatan yang dikelola oleh OSIS.
3. Tersusunya pedoman kegiatan OSIS.
Wk. Kesiswaan
14. Pengembangan sistem penilaian dan evaluasi terpadu secara intergral atas hasil pembinaan dan pendidikan terhadap siswa
Program pengembangan sistem penilaian dan evaluasi terpadu

1. Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang progresif dan realistis.

1. Sudah tecantum dalam sasaran kurikulum
1. Idem
Kepsek dan kurikulum
15. Mengembangkan sistem pembinaan pendidikan dan tenaga kependidikan yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan
Program pengembangan sistem pembinaan pendidikan dan tenaga kependidikan yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan

1.Terlaksananya kegiatan MGMP per kelompok mata pelajaran.
2. Tersusunnya jadwal pelatihan guru dalam 1 semester.
3. Terbentuknya team teaching mapel.
4. Mengembangkan sistem kompensasi yang memacu motivasi dan prestasi
1. MGMP Per bidang studi
2. Pelatihan paedagogis guru secara rutin.
3. Pemberian Kompensasi prestasi kepada guru

1. Setiap mata pelajaran memiliki jadwal MGMP.
2. Setiap guru mengikuti pelatihan paedagogis
3. Setiap guru mendapatkan kompensasi sesuai dengan prestasi yang dilakukan.
Wk. Kurikulum
16. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang efisien dan efektif
Program Pengembangan Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang efisien dan efektif

1. Meningkatnya jumlah buku di Perpustakaan
2. Terdapat Kelas multimedia di wilayah tholib
3. Ketersediaan Laboratorium Komputer sesuai dengan jumlah siswwa
1. Pengadaan buku untuk perpustakaan.
2. Terdapat Kelas multimedia di wilayah tholib
3. Pengadaan Laboratorium Komputer sesuai dengan jumlah siswwa

1. Jumlah buku di perpustakan mengalami peningkatan.
2. Pengadaan Kelas multimedia di wilayah tholib
3. Jumlah komputer sesuai dengan jumlah siswa

Kurikulum dan ka.perpustakaan
17. Mengembangkan, melaksanakan, dan memelihara  serta meningkatkan sistem manajemen mutu terpadu
Program pengembangan, melaksanakan, dan memelihara  serta meningkatkan sistem manajemen mutu terpadu
1. Menerapkan prinsip 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke).
2.Mendokumentasikan secara baik pedoman-pedoman persekolahan
3. Mengembangkan RKT dan RKJM 4 tahunan
4. Mengembangkan jabaran tugas/job description yang menjadi pedoman tugas pokok dan fungsi setiap bagian.
5. Melaksanakan pengendalian manajemen secara rutin dan berkesinambungan.
6. Melaksanakan kegiatan pelaporan hasil evaluasi kepada pihak yang berkepentingan secara periodik.
7. Mengembangkan Sistem Informasi Terpadu berbasis komputer (Memanfaatkan sistem manajemen informasi dalam proses pembelajaran dan administrasi)
1. Pelatihan 5S untuk guru
2.Pendokumentasian Pedoman Kesekolahan
3. Penyusunan RKJM dan RKT
4. Pelaksanaan MONEV yang berkelanjutan.
5. Pelaksanaan pelaporan hasil evaluasi.
6. Pemanfaatan Sistem Informasi Managemen.

1. Semua guru mengikuti kegiatan pelatihan 5S.
2. Pedoman Kesekolahan terdokumentasi secara baik
3. RKT Tersusun dengan baik.
4. Monev terlaksana dengan baik.
5. Evaluasi bulanan terlaporkan secara rutin.

kepsek
18. Mengembangkan sistem pengelolaan  keuangan
Program pengembangan sistem pengelolaan  keuangan

1. Pendokumentasian arsip tentang kebijakan anggaran.
2. Pendokumentasian arsip rencana anggaran belanja sekolah.
3. Pendokumentasian arsip laporan keuangan.
4. Tersusun SOP tentang keuangan.
1.Pendokumentasianarsip tentang kebijakan anggaran.
2.Pendokumentasianarsip rencana anggaran belanja sekolah.
3.Pendokumentasianarsip laporan keuangan.
4. Penyusunan SOP tentang keuangan.

1. Arsip tentang kebijakan anggaran terdokumentasi secara baik.
2.Arsip rencana anggaran belanja sekolah terdokumentasi secara baik.
3. Arsip laporan keuangan terdokumentasi secara baik.
4. Terdapat SOP tentang keuangan tersusun secara baik.
Kepsek dan Bendahara
19. Meningkatkan mutu penguasaan  Bahasa Inggris berdasarkan standar internasional
Program peningkatan penguasaan  Bahasa Inggris berdasarkan standar internasional
1. Peningkatan jumlah siswa yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris
2. Peningkatan jumlah guru yang menggunakan B.Inggris
3. Peningkatan intensitas pelaksanaan program Bahasa
1. Kursus Bahasa.
2. Lomba-lomba Bahasa.
3.
1. Setiap siswa mengikuti program bahasa.
2. Setiap siswa dapat kesempatan ikut dalam lomba-lomba.
Kepsek, kurikulum,kesiswaan, tim bahasa

BAB III
PROGRAM KEGIATAN OPERASIONAL

Kegiatanoperasional adalah kegiatan yang secara reguler selalu dilakukan sekolah berdasarkan kebutuhan tahunan. Kegiatan Operasional MTs Darul Ma’rifatKabupaten Cianjur ini dibuat dengan mengacu kepada standar mutu  yang telah ditetapkan oleh lembaga untuk menjadi tolok ukur keberhasilan pengelolaan dalam tahun pelajaran 2015/2016.

Kategori
Sasaran
Kegiatan
 Indikator Kegiatan
Penanggung Jawab
Umum/ Visi dan Misi
1. Seluruh Guru telah memahami konsep pendidikan berwawasan Internasional dengan nilai minimal 60%.
2. Terlaksananya 4 kali kegiatan sosialisasi konsep pendidikan Berwawasan Internasional

1. 100% termuatnya nilai-nilai Berwawasan Internasional dalam RPP
2. 100% penanaman nilai berwawasan Internasional dalam pembelajaran
3. 100% pelaksanaan program sekolah menanamkan nilai-nilai berwawasan Internasional
1. Sosialisasi tentang konsep PAMS Berwawasan Internasional kepada semua guru.






2. Workshop tentang penerapan konsep pendidikan terpadu dalam perencanaan pembelajaran
1. Seluruh Guru telah memahami konsep pendidikan berwawasan Internasional dengan nilai minimal 60%



2. 100% guru mengikuti kegiatan workshop tentang penerapan konsep pendidikan terpadu dalam perencanaan pembelajaran
Kepsek dan Kurikulum
Kurikulum dan proses belajar mengajar
1.Terimplementasinya muatan berfikir ilmiah dalam kegiatan pembelajaran
1.Seminar tentang Student Centre Learning (SCL)
1.100 % guru hadir dalam seminar tentang SCL


2. Terlaksananya 2 kali kegiatan sosialisasi KTSP kepada para semua guru
1. Workshop penyusunan KTSP
1. 100% guru mengikuti kegiatan workshop tentang Workshop penyusunan KTSP

3.   100% siswa mencapai nilai ulangan harian berdasarkan Nilai KKM
1.  Supervisi kehadiran guru.


2. Pelaksanaan kegiatan remedial.






3. Pelaksanaan kegiatan privat







4. Pelaksanaan kegiaatan pengayaan
1. Semua guru tersupervisi tingkat kehadiran di kelas

4.   100% siswa mencapai nilai ulangan Mid Semester berdasarkan Nilai KKM
2.  Setiap siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM mendapat remedial sebanyak 3 x.
3. Setiap siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM setelah remedial sebanyak 3 x harus ikut privat.
4. . Setiap siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM disarankan ikut kegiatan Sains Club.

5.   75% siswa mencapai  nilai Ujian Akhir Semester berdasarkan Nilai KKM

6.   Rerata nilai Ujian Nasional meningkat dan Lulus 100%
1.Pembentukan Tim Sukses
1. Terbentuknya tim sukses


2. Pelaksanaan Bimbel
2. Bimbel tambahan dilakukan 2 x seminggu



3. Pelaksanaan try out
3. Pelaksanaan tes 3 kali


4. Pelaksanaan AMT
4. Semua siswa mengikuti program AMT


5. Rapat pertemuan dengan Orang Tua
5. 50% Orang tua hadir dalam pertemuan 1 x dalam semester

7. Tersosialisasikannya konsep tentang ketrampilan proses dalam pembelajaran
1. Pelatihan tentang ketrampilan Proses
1. 100% guru hadir dalam Pelatihan.
2. 100% guru memahami tentang konsep ketrampilan proses

8. 60% guru yang menerapkan keterampilan proses dalam pembelajaran.
1. Supervisi Pembelajaran di  kelas
1. 100% guru tersupervisi tentang penerapan ketrampilan proses

9.  60% guru membuat  RPP yang menggunakan keterampilan proses

1.Supervisi Administrasi Pembelajaran
1. 100% guru tersupervisi Administrasi Pembelajaran

10. 100 % guru yang membuat RPP

1. Supervisi Administrasi Pembelajaran

2. MGMP per mapel 1 x bulan

3. pembentukan team teaching mapel.

4. Pemberian Reward bagi guru yang meyelesaikan tepat waktu
1.100% guru tersupervisi Administrasi Pembelajaran
2. Pelaksanaan MGMP per mapel
Team Teaching untuk mata pelajarn IPS terbentuk


11.Terlaksananya sosialisasi penelitian tindakan kelas (PTK)
1. Pelatihan tentang PTK
100% guru hadir dalam Pelatihan

12. 30% guru mengikuti seminar proposal penelitian tindakan kelas
1. Seminar Judul PTK
50%  guru hadir dalam Seminar judul PTK

13. 30% guru yang melakukan penelitian tindakan kelas
1. Pelaksanaan PTK.
2. Pemberian biaya penelitian
Ada 10 orang guru melakukan PTK

14. 100%  guru yang menggunakan minimal 3 jenis sumber belajar

1. Supervisi Pembelajaran di kelas
100% guru tersupervisi tentang penggunaan media

15. Terlaksananya 2 kali sosialisasi sumber belajar
1. Sosialisasi tentang sumber belajar
100% guru hadir dalam Sosialisasi

Perencanaan dan Evaluasi
1. Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang progresif dan realistis
1. Rapat penetapan KKM
1. KKM setiap mata pelajaran ditetapkan pada awal KBM

2. 100% guru yang membuat kisi-kisi evaluasi untuk semua pokok bahasan
3. 100% guru yang membuat alat evaluasi untuk semua pokok bahasan
4. 100% guru melakukan analisa terhadap hasil evaluasi

1. Pembuatan SOP pelaksanaan evaluasi.

2. Supervisi tentang alat evaluasi yang dibuat oleh guru

3. Pelatihan tentang Evaluasi Pembelajaran




4. Sosialisasi  analisa hasil evaluasi
1. Tersusunya SOP pelaksanaan evaluasi.

2. 100 % guru tersupervisi tentang pelaksanaan evaluasi.
3. 100% guru mengikuti Pelatihan tentang Evaluasi Pembelajaran

4. 100% dapat melakukan upaya tindak lanjut terhadap hasil evaluasi

Ketenagaan

1. Pengembangan program pelatihan guru dalam 1 semester.


1. Penyusunan jadwal pelatihan guru dalam 1 semester.

1. Tersusunnya jadwal pelatihan guru selam 1 semester




Pembiayaan dan Pendanaan

1. Tersusunya arsip tentang kebijakan anggaran.
1.Pendokumentasianarsip tentang kebijakan anggaran.
1.Arsip tentang kebijakan anggaran terdokumentasi

2. Tersusunya arsip rencana anggaran belanja sekolah.
1.Pendokumentasianarsip rencana anggaran belanja sekolah.
1.Arsip tentang rencana anggaran belanja sekolah

3. Tersusunya arsip laporan keuangan.
1.Pendokumentasianarsip laporan keuangan.
1.arsip laporan keuangan terdokumentasi

4. Tersusun SOP tentang keuangan
1. Penyusunan SOP keuangan
1. SOP keuangan terdokumentasi secara baik

Peserta Didik

1. 90% siswa yang merasa puas dalam pelayanan pembelajaran
1.Penyebaran Kuisioner
1. Semua siswa mendapat kesempatan mengisi kuisioner

2. Jumlah  keluhan orang tua terhadap pembelajaran 5%
1.Penyebaran Kuisioner
1. Semua orang tua mendapat kesempatan mengisi kuisioner

3. 50% siswa memanfaatkan konsultasi studi atau karier oleh siswa/ orangtua kepada guru BK
1. Sosialisasi tentang ruang lingkup Bimbingan dan Konseling

2. Membuka layanan bimbingan konseling


3.Menyelenggarakan seminar Psikologi

1. Seluruh siswa menghadiri kegiatan sosialisasi


2. Semua siswa dapat memanfaatkan jasa layanan konseling

3. Setiap siswa mengkuti kegiatan seminar

4. Rasio guru BK terhadap siswa 1 : 150
1. Rekruting guru BK
1. Rasio guru BK terhadap siswa tercukupi.

5. Meningkatnya jumlah siswa yang memiliki ketrampilan dalam mempelajari sebuah mata pelajaran
1. Seminar tentang learning to learn
1.Setiap siswa mengkuti kegiatan seminar

6.Terlaksanakan kegiatan ekstra kurikuler secara terpadu.
1. Pelaksanaan kegiatan rutin Ektrakurikuler
1. Kegiatan ektrakurikuler berjalan secara rutin dan terkendali

7. Terlaksananya minimal 10  kegiatan kesiswaan yang dikelola oleh OSIS
1.Lomba KIR & Sains  Internal.

1. Semua siswa berkesempatan ikut dalam lomba.
2. Siswa mendapat informasi tentang siswa berpotensi dalam bidang sains

2. Seminar penulisan karya tulis dan karya ilmiah

1. Seluruh siswa menghadiri kegiatan seminar

3. Talk show Ilmiah/teknologi
1.Seluruh siswa menghadiri kegiatan Talkshow

4. LDK
1. Terpilihnya pengurus osis yang baru

5. Leadership Class
1. Seluruh siswa mendapat pemahaman tentang Leadership

6. Lomba Kebersihan, Kerapihan kelas&siswa
1. Setiap bulan diumumkan satu kelas pemenang lomba


7. Lomba Siswa Teladan
1. terpilihnya siswa teladan SMP NFBS

8. Clasmeeting
1. Seluruh kelas mengikuti secara aktif acara lomba

9. Spaccy-Three/NFBS Futsal Cup
1. Ada 20 sekolah yang menjadi peserta

10. Kunjungan Ilmiah kelas 7, 8.

1. Semua siswa mendapatkan wawasan baru tentang mata pelajaran

8. Tersusunnya panduan pengelolaan ekstra kurikuler dan OSIS
1. Penyusunan panduan pengelolaan Ekstrakurikuler dan OSIS
1. Tersusunnya SOP pengelolaan ekstrakurikuler

9. Peningkatan jumlah siswa yang mampu berkomunikasi dalam dua bahasa

1. Kegiatan English Day

2. Lomba bahasa internal

3. Kursus Bahasa


10. Peningkatan jumlah guru yang menggunakan B.Inggris
1.  Kursus bahasa

2.  Tes kemampuan bahasa






BAB IV
RENCANA KERJA  TAHUNAN (RKT)

Jadwal Kerja Tahun Pelajaran 2018/2019
NO
Sasaran
Program dan Kegiatan Oprasional
Bulan
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
1
1. Seluruh Guru telah memahami konsep pendidikan berwawasan Internasional dengan nilai minimal 60%.
2. Terlaksananya 4 kali kegiatan sosialisasi konsep pendidikan berwawasan Internasional

1. 100% termuatnya nilai-nilai berwawasan Internasional dalam RPP
2. 100% penanaman nilai berwawasan Internasional dalam pembelajaran
3. 100% pelaksanaan program sekolah menanamkan nilai-nilai berwawasan internasional
1. Sosialisasi tentang konsep berwawasan Internasional kepada semua guru.







2. Workshop tentang penerapan konsep pendidikan terpadu dalam perencanaan pembelajaran












2
1.Terimplementasinya muatan berfikir ilmiah dalam kegiatan Pembelajaran
1 Seminar tentang Student Centre Learning












2. Terlaksananya 2 kali kegiatan sosialisasi KTSP kepada para semua guru.

1.Workshop penyusunan KTSP













3. 100% siswa mencapai nilai ulangan harian berdasarkan Nilai KKM

4. 100% siswa mencapai nilai ulangan Mid Semester berdasarkan Nilai KKM

5. 75% siswa mencapai  nilai Ujian Akhir Semester berdasarkan Nilai KKM
1.  Supervisi kehadiran guru.













2. Pelaksanaan kegiatan remedial












3. Pelaksanaan kegiatan privat












4. Pelaksanaan kegiatan pengayaan












6.  Rerata nilai Ujian Nasional meningkat dan Lulus 100%
1.Pembentukan Tim Sukses












2. Pelaksanaan Bimbel












3. Pelaksanaan try out












4. Pelaksanaan AMT












5. Rapat pertemuan dengan Orang Tua












7.Tersosialisasikannya konsep tentang ketrampilan proses dalam pembelajaran.

8. 60% guru yang menerapkan keterampilan  proses dalam pembelajaran.

9.  60% guru membuat  satu  RPP yang menggunakan keterampilan proses
1. Pelaksanaan 2 x Kegiatan Pelatihan tentang ketrampilan Proses












2. Supervisi Pembelajaran di  kelas












3.Supervisi Administrasi Pembelajaran












10. 100 % guru yang membuat RPP

1. Supervisi Administrasi Pembelajaran













2. MGMP per mapel 2 x bulan













3.Terbentuknya team teaching mapel.













4. Pemberian Reward bagi guru yang meyelesaikan tepat waktu












11.Terlaksananya sosialisasi penelitian tindakan kelas (PTK)

1. Pelatihan tentang PTK












12. 30% guru mengikuti seminar proposal penelitian tindakan kelas
1. Seminar Judul PTK












13. 30% guru yang melakukan penelitian tindakan kelas
1. Pelaksanaan PTK.

2. Pemberian biaya penelitian












14. 100%  guru yang menggunakan minimal 3 jenis sumber belajar
1. Supervisi Pembelajaran di kelas












15. Terlaksananya 2 kali sosialisasi sumber belajar
1. Sosialisasi tentang sumber belajar












3
1. Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang progresif dan realistis
1. Rapat penetapan KKM












2. 100% guru yang membuat kisi-kisi evaluasi untuk semua pokok bahasan

3. 100% guru yang membuat alat evaluasi untuk semua pokok bahasan

4. 100% guru melakukan analisa terhadap hasil evaluasi

1. Pembuatan SOP pelaksanaan evaluasi.














2. Supervisi tentang alat evaluasi yang dibuat oleh guru













3. Pelatihan tentang Evaluasi Pembelajaran













4. Sosialisasi  analisa hasil evaluasi












4
1. Pengembangan program pelatihan guru dalam 1 semester.


1. Penyusunan jadwal pelatihan guru dalam 1 semester.













5
1. Tersusunya arsip tentang kebijakan anggaran.
1.Pendokumentasianarsip tentang kebijakan anggaran.












2. Tersusunya arsip rencana anggaran belanja sekolah.
1.Pendokumentasianarsip rencana anggaran belanja sekolah.












3. Tersusunya arsip laporan keuangan.
1.Pendokumentasianarsip laporan keuangan.












4. Tersusun SOP tentang keuangan
1. Penyusunan SOP keuangan












6
1. 90% siswa yang merasa puas dalam pelayanan pembelajaran
1. penyebaran kuisioner












2. Jumlah  keluhan orang tua terhadap pembelajaran 5%
1. penyebaran kuisioner












3. 50% siswa memanfaatkan konsultasi studi atau karier oleh siswa/ orangtua kepada guru BK
1. Sosialisasi tentang ruang lingkup Bimbingan dan Konseling












2. Membuka layanan bimbingan konseling












3.Menyelenggarakan seminar Psikologi












4. Rasio guru BK terhadap siswa 1 : 150
1. Rekruting guru BK












5. Meningkatnya jumlah siswa yang memiliki ketrampilan dalam mempelajari sebuah mata pelajaran
1. Seminar tentang learning to learn












6.Terlaksanakan kegiatan ekstra kurikuler secara terpadu.
1. Pelaksanaan kegiatan rutin Ektrakurikuler












7. Terlaksananya minimal 10  kegiatan kesiswaan yang dikelola oleh OSIS
1.Lomba KIR & Sains  Internal.













2. Seminar penulisan karya tulis dan karya ilmiah













3. Talk show Ilmiah/teknologi













4. LDK














5. Leadership Class













6. Lomba Kebersihan, Kerapihan kelas&siswa














7. Lomba Siswa Teladan














8. Clasmeeting













9. Spaccy-Three/NFBS Futsal Cup














10. Kunjungan Ilmiah kelas 7, 8.













8. Tersusunnya panduan pengelolaan ekstra kurikuler dan OSIS
1. Penyusunan panduan pengelolaan Ekstrakurikuler dan OSIS












9. Peningkatan jumlah siswa yang mampu berkomunikasi dalam dua bahasa

1.  Pelaksanaan English Day













2. Lomba Bahasa internal












3.  Membuat Slogan dalam B. Inggris












10. Peningkatan jumlah guru yang menggunakan B.Inggris
1. Kursus B. Inggris buat guru












2. Tes Kemampuan B. Inggris Guru.















BAB V
PENUTUP

Alahamdulillah, berkat Rahmat dan Inayah-Nya, Tim Pengembang Sekolah dapat menyelesaikan Rencana Kerja Tahunan (RKT) MTs Darul Ma’rifat Tahun Pelajaran  2018/2019. Rencana Kerja Tahunan (RKT)  memuat program kegiatan strategis dan kegiatan operasional tahun pelajaran 2018/2019 yang mengacu kepada Rencana Kerja Sekolah (RKS).     
       Semua program yang telah disusun di RKT tahun pelajaran  2018/2019 telah disesuaikan dengan harapan semua pemangku kepentingan untuk mencapai Visi, Misi dan Tujuan MTs Darul Ma’rifat.
Demikian RKT ini telah selesai kami susun, semoga semua  program yang kami rencanakan ini dapat terealisasi  dengan baik tanpa hambatan yang berarti dan semoga semua pihak baik pemerintah daerah ataupun intansi terkait dapat mendukung semua program MTs Darul Ma’rifatKabupaten Cianjur. agar ada peningkatan baik kualitas maupun kuantitasnya.
Tak ada gading yang tak retak, saran-saran yang konstruktif sangatlah kami harapkan demi lebih sempurnanya dalam penyusunan RKT tahun berikutnya.
Semoga Bermanfaat.
                                   
           

















LEMBAR PENGESAHAN

Rencana Kerja Tahunan (RKT) MTs Darul Ma’rifat
Tahun Pelajaran 2018/2019




Disahkan Oleh:


                                                                                    
                                                                                                Serang,  Juli 2018
            Ketua Komite,                                                                        Kepala MTs Darul Ma’rifat



N  A  R  T  O                                                    ROMLI HIDAYAT, S.EI



Mengetahui;
a.n. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Serang



MUHTADI, S.Ag., M.Si
NIP.  196804051990031013













Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPLOAD DATA SISWA DI SIMPATIKA GAGAL TERUS

LIRIK KIDUNG PAMARAYAN