contoh RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT)
RENCANA KERJA TAHUNAN
(RKT)
YAYASAN
AL – MA’RIFAT PAMARAYAN
MTs DARUL MA’RIFAT
AKTA NOTARIS : FITRA DENI, SH. MKn. MSi. NO
01 TANGGAL 01 AGUSTUS 2013 SK. MENKUMHAM
RI : AHU-6435.AH.01.04.Tahun 2013
SK MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR :
Kw.28.4/4/PP.00/3971.A./2015
Jl.
Cayur – Pengawinan KM. 01 Ds. KampungbaruKec. PamarayanKab. Serang – Banten
42176
HP. 0819
1127 4007
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Kondisi Letak Geografis, Demografis, Sosial
Ekonomi, dan lain-lain
1.
Kondisi Letak Geografis
MTs Darul Ma’rifat adalah sekolah yang terletak di kawasan pertanian dan perkampungan, berjarak 16 km di sebelah timur dari batas kabupaten
serang, tepatnya terletak di Jl. Cayur – Pengawinan Km. 01 Ds Kampung
Baru Kec. Pamarayan Kab. Serang. MTs Darul Ma’rifat dengan luas kurang lebih
1500 m2, berada 1 kilometer dari jalan raya sehingga sangat terbebas
dari kebisingan lalu lintas.
Di lingkungan MTs Darul Ma’rifat terdapat 2 SD yaitu SDN Kampung Baru dan
SDN Pasir Padukuhan yang mayoritas lulusan dari kedua SD tersebut masuk ke MTs
Darul Ma’rifat dan sekitar 30% masuk ke SMP/MTs sekitar. MTs Darul Ma’rifat
berjarak sektitar 4-5 kilometer dari SMP/MTs terdekat.
2.
Kondisi Demografis
Masyarakat di lingkungan MTs Darul Ma’rifat mayoritas berprofesi sebagai
petani, buruh, pedagang, dan lain-lain.
Masyarakat di wilayah MTs Darul Ma’rifat terdiri dari berbahasa jawa dan
sunda dengan menganut agama Islam.
3.
Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat
Kemampuan ekonomi masyarakat di lingkungan MTs Darul Ma’rifat mayoritas
baik walaupun masih terdapat masyarakat miskin yang umumnya bekerja sebagai
petani atau buruh tani yang menyekolahkan anak-anaknya ke MTs Darul Ma’rifat.
4.
Kondisi Politik dan Keamanan
Dalam bidang politik, pada umumnya masyarakat di lingkungan MTs Darul
Ma’rifat, tidak terlibat kegiatan politik praktis. Hal ini disebabkan
masyarakat di lingkungan MTs Darul Ma’rifat adalah masyarakat pekerja, yang
kegiatannya berkonsentrasi pada bidang pertanian.
Lingkungan di kampung cukup aman karena didukung oleh kesadaran seluruh
masyarakat untuk hidup bersama, yang rukun, saling menghargai, saling
menghormati, menjaga keharmonisan, dan keamanan lingkungan. Seperti ditunjukkan
oleh kesediaan melaksanakan kegiatan gotong royong, siskamling, dan sebagainya.
5.
Kondisi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (IPTEK)
Perkembangan IPTEK di lingkungan MTs Darul Ma’rifat terbilang pesat, hal
ini dibuktikan dengan mayoritas masyarakat memiliki alat akses teknologi
terkini seperti HP, TV, komputer, internet dan lain-lain.
6.
Kondisi Kebijakan Pemerintah
Kondisi kebijakan pemerintah saat ini sangat mendukung perkembangan
kemajuan pendidikan. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya bantuan-bantuan yang
diberikan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah seperti Bantuan
Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Beasiswa Siswa
Berprestasi Akademik dan Non-Akademik, dan lain-lain.
Kebijakan pemerintah lainnya yang juga mendukung kemajuan pendidikan yaitu
bantuan pengadaan atau perbaikan sarana dan prasarana, tunjangan guru,
pelaksanaan diklat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan lain-lain. Hal
ini sangat memungkinkan karena mulai tahun anggaran 2009 pemerintah telah
menganggarkan APBN sebesar 20% untuk sektor pendidikan.
B.
VISI
Visi Sekolah
adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam menentukan
tujuan atau keadaan masa depan sekolah yang secara khusus diharapkan oleh
Sekolah. Visi Sekolah merupakan turunan dari Visi Pendidikan Nasional, yang
dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk
pengembangan sekolah dimasa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan
hidup dan perkembangannya.
Adapun visi MTs
Darul Ma’rifat : Kreatif, Intelek, Berakhlakul Karimah
Aktif Dan Religius (K I B A R)
C.
MISI
Dalam upaya
mewujudkan visi tersebut di atas, Misi MTs Darul Ma’rifat adalah sebagai
berikut:
1.
Membentuk pribadi yang terampil
2.
Mewujudkan insan intelek dan cerdas sehingga mampu
menjawab tantangan perubah jaman
3.
Menanam jiwa sosial yang belandaskan syari’at islam
4.
Mendorong aktifitas secara optimal kepada seluruh
komponen sekolah terutama para siswa
5.
Berpegang teguh pada aqidah islamiyah dalam amaliah
D.
TUJUAN
1)
Mewujudkan terciptanya lembaga pendidikan yang modern
2)
Mewujudkan lulusan yang berpengetahuan luas
3)
Mewujudkan lulusan yang menguasai kompetensi dalam bidang ilmu agama dan
pendidikan umum lainnya
4)
Membina lulusan untuk selalu komit terhadap profesi pendidikan dan peduli
pada perkembangan serta ketentuan pendidikan.
E.
IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA
(KESENJANGAN)
No.
|
Standar Nasional Pendidikan
|
Kondisi saat ini
|
Kondisi Ideal (SNP)
|
Besarnya Tantangan
|
1.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|||
a
|
Aspek Kecerdasan
|
|
|
|
|
1)
Rata-rata
UN
|
4,83
|
10,00
|
5,17
|
|
2)
Rata-rata
pencapaian KKM semua mata pelajaran pada semua tingkatan kelas
|
75,00
|
100
|
23
|
|
3)
Jumlah
lulusan yang melanjutkan pendidikan
|
95%
|
100%
|
5%
|
|
4)
Tingkat “drop-out” siswa
|
0%
|
0%
|
2%
|
|
|
|
|
|
b
|
Aspek Pengetahuan
|
|
|
|
|
1)
Kegiatan pembiasaan
|
17 jenis
|
10 jenis
|
jenis
|
|
2) Pengalaman belajar dengan memanfaatkan
lingkungan
|
|
|
|
|
3)
Pentas seni
|
1 kali
|
2 kali
|
1 kali
|
c
|
Aspek Kepribadian
|
|
|
|
|
1)
Juara lomba Layanan Konseling
|
-
|
Juara 1 Tk. Nas.
|
3 Tk.
|
d
|
Aspek Ahlak Mulia
|
|
|
|
|
1)
Penyuluhan tentang akhlak mulia
|
2
jenis
|
5 jenis
|
3 jenis
|
e
|
Aspek Kecakapan Untuk Hidup
|
|
|
|
|
1)
Karya kreatif siswa
|
2
jenis
|
20 jenis
|
18 jenis
|
f
|
Aspek Pendidikan Lanjut
|
|
|
|
|
1)
KSM
2)
OSN
3)
FLS2n
4)
O2SN
|
-
|
-
Tingkat Nasional
Tingkat Nasional
|
3 Tk.
1 Tk.
1 Tk.
|
2
|
Standar Isi
|
|||
a
|
Aspek Muatan Kurikulum
|
|
|
|
|
1)
Muatan Kurikulum
|
6 muatan
|
9 atau lebih muatan
|
3 muatan
|
b
|
Silabus
|
|
|
|
|
1)
Tersusun
silabus semua Mapel
|
Dok. KTSP mencakup 14 MP dan 1 Mulok
|
Dok. KTSP lengkap
|
1 PKH, 1 PTD, 1 PBKL
|
c
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
|
|
|
|
1)
Tersusun RPP semua Mapel
|
Dok. RPP mencakup 14 MP dan 1 Mulok
|
Dok. RPP lengkap
|
1 dok. MP, 1 PKH, 1 PTD, 1 PBKL
|
|
2)
Pengembangan Bahan Ajar semua MP
|
35%
|
100%
|
65%
|
3.
|
Standar Proses
|
|||
a.
|
Persiapan
pembelajaran
|
|
|
|
|
1)
Kepemilikan
sumber belajar/bahan ajar
|
60%
|
100%
|
40%
|
b.
|
Pelaksanaan proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
1)
Persyaratan
Pembelajaran: pengelolaan kelas
|
5 baik
|
9
|
4
|
|
2)
Pelaksanaan
pembelajaran
|
60%
|
100%
|
40%
|
c.
|
Pelaksanaan
penilaian pembelajaran
|
30%
|
100%
|
70%
|
|
|
|
|
|
d.
|
Pengawasan
proses pembelajaran
|
3 keg
|
7 keg
|
4 keg
|
4
|
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
|||
a.
|
Kepala sekolah
|
|
|
|
|
Pelatihan
kewirausahaan
|
1
|
4
|
3
|
b.
|
Guru
|
|
|
|
|
Pelatihan penelitian pendidikan
|
40%
|
100%
|
60%
|
c.
|
Tenaga TU,
Laboran, Pustakawan, dll
|
|
|
|
|
Kursus MS-office
|
25%
|
100%
|
75%
|
5
|
Standar Sarana
dan Prasarana
|
|||
a.
|
Sarana dan
Prasarana Minimal
|
|
|
|
|
Ruang lab IPA
|
1 ruang
|
2 ruang
|
1 ruang
|
b.
|
Sarana dan
Prasarana Lainnya
|
|
|
|
|
Gudang penyimpanan alat
|
1
|
4
|
3
|
c.
|
Fasilitas
Pembelajaran dan Penilaian
|
|
|
|
|
Pengadaan MMP
|
3
|
21
|
18
|
6.
|
Standar Pengelolaan
|
|||
a.
|
Perangkat
dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan
|
|
|
|
|
Dokumen RKS dan RKAS
|
0
|
1 dokumen
|
1 dokumen
|
b.
|
Struktur
organisasi dan mekanisme kerja:
|
|
|
|
|
Dokumen mekanisme, tugas, fungsi organisasi
|
75%
|
100%
|
25%
|
c.
|
Supervisi,
monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
|
60%
|
100%
|
20%
|
|
|
|
|
|
d.
|
Kemitraan dan
peranserta masyarakat
|
80%
|
100%
|
20%
|
|
|
|
|
|
e.
|
SIM sekolah
|
75%
|
100%
|
25%
|
|
|
|
|
|
7.
|
StandarKeuangan
dan Pembiayaan
|
|||
a.
|
Sumber dana
|
1 sumber
|
5 sumber
|
4 sumber
|
b.
|
Pengalokasian
dana
|
5 SNP
|
8 SNP
|
3 SNP
|
c.
|
Penggunaan dana
|
Sesuai
|
sesuai
|
-
|
d.
|
Pelaporan penggunaan
dana
|
90% sesuai
|
100%
|
20%
|
e.
|
Dokumen
pendukung pelaporan
|
90% sesuai
|
100%
|
10%
|
8.
|
Standar
Penilaian Pendidikan
|
|||
a.
|
Frekuensi
ulangan harian oleh guru
|
3
|
5
|
2
|
b.
|
Ulangan tengah
semester yang dilakukan oleh guru
|
2
|
2
|
2
|
c.
|
Cakupan materi
ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah
|
80% sesuai
|
100%
|
20%
|
d.
|
Cakupan materi
ulangan kenaikan kelas oleh sekolah
|
80% sesuai
|
100%
|
20%
|
e.
|
Teknik-teknik
penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran
|
3 cara
|
6
|
3
|
f.
|
Instrumen yang
dikembangkan guru untuk ulangan harian
|
4 jenis
|
8
|
4
|
g.
|
Variasi
instrumen penilaian
|
2 variasi
|
5
|
3
|
h
|
Variasi
instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas
|
2 variasi
|
6
|
4
|
i
|
Mekanisme dan
prosedur penilaian pendidikan oleh guru
|
2 cara
|
4
|
2
|
j
|
Mekanisme dan
prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah
|
2 cara
|
4
|
2
|
9
|
Budaya dan
Lingkungan Sekolah
|
|||
a.
|
Budaya bersih
|
60%
|
100%
|
40%
|
b.
|
Lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
|
60%
|
100%
|
40%
|
c.
|
Sistem sanitasi/drainasi
|
70%
|
100%
|
30%
|
d.
|
Budaya tata krama “in action”
|
70%
|
100%
|
30%
|
e.
|
Kerjasama dengan lembaga lain
|
4
lembaga
|
10
|
6
|
F.
PROGRAM STRATEGIS
Silakan
saudara menuliskan program strategis apa yang akan saudara lakukan untuk
mencapai tujuan dalam jangka waktu 4 tahunan kedepan, lengkapi program
strategis dengan 8 SNP.
1.
Pemenuhan Standar Kompetensi
Lulusan:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Peningkatan prestasi
akademik.
b. Peningkatan prestasi non-akademik
2.
Pemenuhan Standar Isi:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Pengembangan dokumen KTSP lengkap.
b. Pengembangan dokumen bahan ajar lengkap dan sebagian berbasis
IT.
c. Pengembangan diri
3.
Pemenuhan Standar Proses:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Penggunaan model dan strategi pembelajaran kontekstual
b. Penggunaan sumber dan bahan pembelajaran beragam
c. Melaksanakan supervisi, evaluasi, dan monitoring pembelajaran.
4.
Pemenuhan Standar Tenaga
Pendidik dan Kependidikan:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Pengembangan/peningkatan kompetensi pendidik dalam aspek
profesionalisme
b.Pengembangan kompetensi tenaga kependidikan dan lainnya.
5.
Pemenuhan Standar Sarana dan
Prasarana:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Pembangunan WC siswa.
b. Pengadaan media pembelajaran yang inovatif.
c. Pengadaan Multimedia Proyektor
6.
Pemenuhan Standar
Pengelolaan:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Pengembangan RKS
dan RKAS
b. Pengembangan dan pendayagunaan SDM sesuai dengan tugasnya
7.
Pemenuhan Standar Keuangan
dan Pembiayaan Pendidikan:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Menjembatani dan menjalin kerja sama dengan penyandang dana
b. Pendayagunaan potensi sekolah dan lingkungan untuk menghasilkan
keuntungan.
8.
Pemenuhan Standar Penilaian
Pendidikan:
Dengan
Program Strategisnya :
a. Pengembangan perangkat penilaian pembelajaran.
b. Workshop penyusunan butir soal standar
9.
Pengembangan
Budaya dan lingkungan sekolah
Dengan
Program Strategisnya :
a. Pengembangan budaya bersih
b. Pemenuhan
sistem sanitasi dan drainasi
c. Pelaksanaan
lomba kebersihan.
G.
STRATEGI PELAKSANAAN
- Dalam program peningkatan prestasi akademik: strateginya adalah pembelajaran bermutu, melaksanakan bimbingan belajar khusus pada mata pelajaran tertentu sesuai kebutuhan siswa.
- Dalam program peningkatan prestasi non-akademik: strateginya adalah menjaring siswa berbakat dan melaksanakan kegiatan latihan ekstrakurikuler.
- Dalam program Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: strateginya adalah koordinasi dengan Jejaring Kurikulum Tingkat Kab/Kota/Propinsi, Komite Sekolah dan stakeholder lain dalam melaksanakan kunjungan, workshop, lokakarya, seminar, in House Training, dll untuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
- Dalam program pengembangan bahan ajar berbasis IT: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan workshop penyusunan bahan ajar sesuai hasil TNA.
- Dalam program supervisi, evaluasi, dan monitoring pembelajaran: strateginya menyusun program supervisi, mengomunikasikan program supervisi kepada warga sekolah, dan menyampaikan laporan hasil supervisi kepada pihak terkait.
- Dalam program peningkatan kompetensi bagi pendidik: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan seminar pengembangan kompetensi pendidik dalam aspek profesionalisme.
- Dalam program peningkatan kompetensi bagi tenaga kependidikan: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan kursus MS-Office tenaga kependidikan dan lainnya.
- Dalam program peningkatan standar pengelolaan: strateginya melakukan rapat dewan guru dan TU untuk membentuk tim pengembang RKS dan RKAS, menyusun jadwal kegiatan, dan melaksanakan kegiatan pengembangan RKS dan RKAS.
- Dalam program peningkatan standar penilaian: strateginya melakukan TNA, dan melaksanakan, menyusun jadwal, menentukan instruktur, melaksanakan workshop penulisan butir soal standar.
H.
HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan tercapai atau terpenuhi dari program-program
di atas antara lain :
1.
Peserta
didik lulus 100%.
2.
Peserta
didik memperoleh juara 1 dalam setiap even lomba/pertandingan.
3.
KTSP tersusun lengkap.
4.
Bahan ajar berbasis IT dimiliki dan
digunakan pada setiap mata pelajaran dan Mulok.
5.
Supervisi terlaksana sesuai jadwal.
6.
Seminar pengembangan kompetensi pendidik
dalam aspek profesionalisme terlaksana dengan baik.
7.
Kursus MS-Office tenaga kependidikan dan
lainnya terlaksana dengan baik.
8.
Pengembangan RKS dan RKAS terdokumentasi sesuai
pedoman.
9.
Guru mampu menyusun butir soal standar.
BAB II
PROGRAM
KEGIATAN STRATEGIS
Program
Strategis yang dirancang untuk empat tahun mendatang ini mengacu kepada
Kebijakan Mutu yang telah ditetapkan oleh MTs Darul Ma’rifat pada tahun pelajaran
2018/2019. Program Strategis ini direncanakan untuk dijadikan panduan dalam
pengelolaan sekolah dan rujukan dalam pengambilan keputusan dari setiap inovasi
yang terjadi selama pembelajaran.
Sasaran
|
Program
( Indikator)
|
Kegiatan
|
Indikator Kegiatan
|
Penanggung Jawab
|
1.
Melaksanakan
dengan Konsisten konsep pendidikan yang berwawasan lingkungan dalam seluruh
proses pembelajaran dan Kegiatan kelembagaan.
|
Program Pengembangan penerapan
Pendidikan Berwawasan Internasional
1. Termuatnya nilai-nilai yang berwawasan internasional dalam RPP ,
2. Terlaksananya penanaman nilai-nilai berwawasan
Internasional di dalam pembelajaran
3. Adanya penanaman
nilai-nilai religius dalam setiap program sekolah.
4. Guru memiliki
pemahaman terhadap konsep pendidikan berwawasan Internasional.
|
1.
Workshop tentang penerapan konsep pendidikan berwawasan internasional dalam
perencanaan pembelajaran
|
1.
Semua guru mengikuti Workshop tentang penerapan konsep pendidikan berwawasan
internasional dalam perencanaan pembelajaran
|
Kepsek dan kurikulum
|
2. Membangun iklim dan
budaya sekolah yang didasari pada konsep Pendidikan Berbudaya Lingkungan.
|
Program Pemahaman tentang iklim dan budaya sekolah yang didasari pada konsep Pendidikan Berbudaya
Lingkungan.
1. Kualitas
pemahaman Guru terhadap konsep pendidikan Berbudaya Lingkungan.
|
1. Sosialisasi
tentang konsep Berbudaya Lingkungan kepada semua guru.
|
1. semua guru
mendapatkan sosialisasi tentang konsep dan penerapan Pendidikan Berbudaya
Lingkungan
|
Kepsek
|
3. Mengembangkan
Kurikulum yang menumbuhkan kemampuan
berpikir ilmiah.
|
Program pengembangan Kurikulum yang
menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah
1.
Terimplementasinya
muatan berfikir ilmiah dalam kegiatan pembelajaran
|
1. Seminar tentang Student Centre Learning
(SCL)
|
1. Semua guru mengikuti Workshop tentang
Student Centre Learning (SCL).
|
Kepsek dan Kurikulum
|
4. Mengembangkan
Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang berkesinambungan antar jenjang
satuan pendidikan lainnya
|
Program Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan untuk semua level kelas
1.
Terlaksananya kegiatan
sosialisasi KTSP kepada para semua guru
2.Tersusunnya
dokumen KTSP
|
1.Pelaksanaan kegiatan sosialisasi KTSP kepada para guru
2.
Penyusunan KTSP untuk semua
level
|
1. Semua guru mengikuti Sosialisasi tentang
KTSP
2. Semua guru
terlibat dalam penyusunan KTSP
|
Wk. Kurikulum
|
5. Meningkatkan Pencapaian kompetensi Akademik siswa.
|
Program
Peningkatan Pencapaian kompetensi Akademik siswa
1.Tercapainya
nilai ulangan harian berdasarkan Nilai KKM
2.Tercapainya
nilai ulangan Tengah Semester
berdasarkan Nilai KKM
3. Ketercapaian nilai Ujian Akhir Semester berdasarkan
Nilai KKM
4.
Peningkatan rerata nilai Ujian Nasional dan Ujian Akhir Sekolah dari tahun
sebelumnya
5. Tercapainya
target kelulusan
|
1. Program
Supervisi KBM di kelas
2. Kegiatan
Pengayaan Mapel
3. Kegiatan
Remedial
4. Kegiatan
Privat
5. Kegiatan
Konseling
6. Kegiatan
AMT
|
1. Semua guru
tersupervisi secara administrasi maupun kegiatan pembelajaran di kelas.
2. Semua siswa
di atas rata-rata mendapatkan program pengayaan.
3. Semua siswa
di bawah rata-rata mendapatkan program Remedial,privat, dan konseling.
4. Semua
mendapatkan nilai akhir setiap ujian memenuhi KKM
|
Wk. Kurikulum dan wali kelas
|
6. Meningkatkan penggunaan ketrampilan proses dalam
pembelajaran.
|
Program peningkatan penggunaan
ketrampilan proses dalam pembelajaran
1.Tersosialisasikannya konsep tentang ketrampilan
proses dalam pembelajaran .
2. Banyaknya guru yang menerapkan keterampilan proses
dalam pembelajaran.
3. Jumlah RPP yang menggunakan keterampilan proses
|
1. Pelatihan
Pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran.
|
1. Setiap Guru
mendapat sosialisasi konsep tentang ketrampilan proses dalam pembelajaran .
2. Setiap Guru guru
yang menerapkan keterampilan proses dalam pembelajaran
|
Kurikulum
|
7. Meningkatnya mutu pelayanan siswa dalam pembelajaran
|
Program Peningkatan mutu
pelayanan siswa dalam pembelajaran
1.
Meningkatnya jumlah siswa yang merasa puas dalam pelayanan pembelajaran.
2. Menurunnya
Jumlah keluhan orang tua terhadap pembelajaran
3.
Meningkatnya Jumlah konsultasi studi atau karier oleh siswa/ orangtua kepada
guru BK
2.
Tercukupinya rasio
guru BK terhadap siswa
|
1. Layanan
Konseling oleh guru BK
|
1. Setiap
Siswa merasakan kepuasan dalam pembelajaran.
2.
Terfasilitasinya keluhan orang tua terhadap pembelajaran.
3. Setiap
siswa menggunakan layanan konseling
4.
Rasio guru BK tercukupi.
|
Wk. Kesiswaan dan guru BK
|
8. Melaksanakan pengembangan kurikulum dalam pembuatan
RPP dan instrumen evaluasi
|
Program pengembangan kurikulum
dalam pembuatan RPP dan instrumen evaluasi
1. Jumlah guru
yang membuat RPP
2. Jumlah guru
yang membuat kisi-kisi evaluasi untuk semua pokok bahasan
3. Jumlah guru
yang membuat alat evaluasi untuk semua pokok bahasan
4. Jumlah guru
yang melakukan analisa hasil evaluasi
|
1. Supervisi
RPP
2. Pelatihan
tentang Evaluasi Pembelajaran
|
1. Setia guru
mendapat supervisi RPP
2. Setiap guru
mengikuti Pelatihan tentang Evaluasi Pembelajaran
3. setiap guru
membuat RPP.
4. Setiap Guru
membuat kisi-kisi alat evaluasi.
5. Setiap Guru
melakukan analisa hasil evaluasi.
|
Kepala Sekolah dan Kurikulum
|
9. Meningkatkan keterampilan belajar (learning how to
learn) untuk siswa
|
Program Peningkatan keterampilan
belajar (learning how to learn) untuk siswa.
1. Meningkatnya jumlah siswa yang memiliki
ketrampilan dalam mempelajari sebuah mata pelajaran
|
1. Pelatihan
tentang Learning How To Learn bagi para siswa.
2. Seminar
Psikologi
|
Semua siswa/i mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar tentang
ketrampilan dalam mempelajari sebuah mata pelajaran
|
Kepala sekolah
|
10. Mengembangkan Riset Kependidikan untuk meningkatkan
mutu pembelajaran
|
Program pengembangan Riset
Kependidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran
1.
Terlaksananya sosialisasi penelitian tindakan kelas
2.
Terlaksananya seminar proposal dan hasil penelitian tindakan kelas
3.
Terlaksananya guru yang mengadakan penelitian tindakan kelas
|
1. Kegiatan
sosialisasi tentang PTK
2. Pelatihan
PTK untuk semua guru
3. Seminar
Judul PTK untuk guru
|
1. Semua guru
mengikuti kegiatan sosialisasi dan workshop PTK
2. Semua guru
melaksanakan Penelitan Tindakan Kelas
|
Wk Kurikulum
|
11. Mengembangkan sumber belajar yang beragam dan bermutu
|
Program pengembangan sumber
belajar yang beragam dan bermutu.
1.
Meningkatnya jumlah guru yang menggunakan sumber belajar yang beragam
2.
Terlaksananya sosialisasi sumber belajar
|
1. Sosialisasi
tentang pentingnya penggunaan sumber belajar.
2. Pelatihan
tentang sumber belajar
3. Pelaksanan
supervisi tentang penggunaan sumber belajar
|
1. Semua guru
mengikuti pelatihan tentang menggunakan sumber belajar yang beragam
2.
Terlaksananya supervisi penggunaan sumber belajar
|
Wk Kurikulum
|
12.Menggembangkan media pembelajaran yang beragam, efektif
dan efisien
|
Program Pengembangan media
pembelajaran yang beragam, efektif dan efisien
1.
Meningkatnya Jumlah guru yang menggunakan media dalam pembelajaran yang
beragam, efektif dan efisien
|
1. Pelatihan
tentang media pembelajaran.
2. Pengadaan
sarana media pembelajaran
3. Pengadaan 4
kelas yang menggunakan LCD dan CPU
|
1. Semua guru
mengikuti pelatihan tentang menggunakan media pembelajaran yang beragam,
efektif dan efisien
2. Tersedianya
sarana media pembelajaran yang beragam
|
Kepsek dan Wk.Kur
|
13. Menumbuhkan jiwa Kesatriaan yang jujur, amanah,
santun, berani, dan amar ma’ruf nahi munkar.
|
Program Penumbuhan jiwa
Kesatriaan yang jujur, amanah, santun, berani, dan amar ma’ruf nahi munkar.
1. Terlaksanakan kegiatan ekstra kurikuler secara
terpadu.
2. Meningkatnya
keterlibatan siswa dalam sebuah kegiatan kesiswaan.
3.
Terlaksananya kegiatan kesiswaan yang
dikelola oleh OSIS.
4. Tersusunnya
panduan pengelolaan ekstra kurikuler dan OSIS
|
1. Pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler.
2. Pelaksanaan
kegiatan OSIS
3. Penyusunan
pedoman kegiatan OSIS
|
1. Semua siswa
dapat mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan minat dan
bakatnya.
2.Terselenggaranya
kegiatan yang dikelola oleh OSIS.
3. Tersusunya
pedoman kegiatan OSIS.
|
Wk. Kesiswaan
|
14. Pengembangan sistem penilaian dan evaluasi terpadu
secara intergral atas hasil pembinaan dan pendidikan terhadap siswa
|
Program pengembangan sistem
penilaian dan evaluasi terpadu
1. Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang
progresif dan realistis.
|
1. Sudah tecantum
dalam sasaran kurikulum
|
1. Idem
|
Kepsek dan kurikulum
|
15. Mengembangkan sistem pembinaan pendidikan dan tenaga
kependidikan yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan
|
Program pengembangan sistem
pembinaan pendidikan dan tenaga kependidikan yang dilakukan secara rutin dan
berkesinambungan
1.Terlaksananya kegiatan MGMP per kelompok mata
pelajaran.
2. Tersusunnya jadwal pelatihan guru dalam 1 semester.
3. Terbentuknya team teaching mapel.
4. Mengembangkan sistem kompensasi yang memacu motivasi dan
prestasi
|
1. MGMP Per
bidang studi
2. Pelatihan
paedagogis guru secara rutin.
3. Pemberian
Kompensasi prestasi kepada guru
|
1. Setiap mata
pelajaran memiliki jadwal MGMP.
2. Setiap guru
mengikuti pelatihan paedagogis
3. Setiap guru
mendapatkan kompensasi sesuai dengan prestasi yang dilakukan.
|
Wk. Kurikulum
|
16. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang
efisien dan efektif
|
Program Pengembangan
Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang efisien dan efektif
1.
Meningkatnya jumlah buku di Perpustakaan
2. Terdapat
Kelas multimedia di wilayah tholib
3.
Ketersediaan Laboratorium Komputer sesuai dengan jumlah siswwa
|
1. Pengadaan
buku untuk perpustakaan.
2. Terdapat
Kelas multimedia di wilayah tholib
3. Pengadaan
Laboratorium Komputer sesuai dengan jumlah siswwa
|
1. Jumlah buku
di perpustakan mengalami peningkatan.
2. Pengadaan
Kelas multimedia di wilayah tholib
3. Jumlah
komputer sesuai dengan jumlah siswa
|
Kurikulum dan ka.perpustakaan
|
17. Mengembangkan, melaksanakan, dan memelihara serta meningkatkan sistem manajemen mutu
terpadu
|
Program pengembangan,
melaksanakan, dan memelihara serta
meningkatkan sistem manajemen mutu terpadu
1. Menerapkan
prinsip 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke).
2.Mendokumentasikan
secara baik pedoman-pedoman persekolahan
3.
Mengembangkan RKT dan RKJM 4 tahunan
4.
Mengembangkan jabaran tugas/job description yang menjadi pedoman tugas pokok
dan fungsi setiap bagian.
5.
Melaksanakan pengendalian manajemen secara rutin dan berkesinambungan.
6.
Melaksanakan kegiatan pelaporan hasil evaluasi kepada pihak yang
berkepentingan secara periodik.
7.
Mengembangkan Sistem Informasi Terpadu berbasis komputer (Memanfaatkan sistem
manajemen informasi dalam proses pembelajaran dan administrasi)
|
1. Pelatihan
5S untuk guru
2.Pendokumentasian
Pedoman Kesekolahan
3. Penyusunan
RKJM dan RKT
4. Pelaksanaan
MONEV yang berkelanjutan.
5. Pelaksanaan
pelaporan hasil evaluasi.
6. Pemanfaatan
Sistem Informasi Managemen.
|
1. Semua guru
mengikuti kegiatan pelatihan 5S.
2. Pedoman
Kesekolahan terdokumentasi secara baik
3. RKT
Tersusun dengan baik.
4. Monev
terlaksana dengan baik.
5. Evaluasi
bulanan terlaporkan secara rutin.
|
kepsek
|
18. Mengembangkan sistem pengelolaan keuangan
|
Program pengembangan sistem pengelolaan keuangan
1. Pendokumentasian arsip
tentang kebijakan anggaran.
2. Pendokumentasian arsip
rencana anggaran belanja sekolah.
3. Pendokumentasian arsip
laporan keuangan.
4. Tersusun SOP tentang keuangan.
|
1.Pendokumentasianarsip tentang kebijakan anggaran.
2.Pendokumentasianarsip
rencana anggaran belanja sekolah.
3.Pendokumentasianarsip
laporan keuangan.
4. Penyusunan SOP tentang keuangan.
|
1. Arsip tentang kebijakan anggaran terdokumentasi secara
baik.
2.Arsip rencana anggaran belanja sekolah terdokumentasi
secara baik.
3. Arsip laporan keuangan terdokumentasi secara baik.
4. Terdapat SOP tentang keuangan tersusun secara baik.
|
Kepsek dan Bendahara
|
19. Meningkatkan mutu penguasaan Bahasa Inggris
berdasarkan standar internasional
|
Program peningkatan penguasaan Bahasa Inggris berdasarkan standar
internasional
1. Peningkatan jumlah siswa yang mampu berkomunikasi
dalam bahasa
Inggris
2. Peningkatan jumlah guru yang menggunakan B.Inggris
3. Peningkatan intensitas pelaksanaan program Bahasa
|
1. Kursus
Bahasa.
2. Lomba-lomba
Bahasa.
3.
|
1. Setiap
siswa mengikuti program bahasa.
2. Setiap
siswa dapat kesempatan ikut dalam lomba-lomba.
|
Kepsek, kurikulum,kesiswaan, tim bahasa
|
BAB III
PROGRAM KEGIATAN OPERASIONAL
Kegiatanoperasional adalah kegiatan yang secara
reguler selalu dilakukan sekolah berdasarkan kebutuhan tahunan. Kegiatan
Operasional MTs Darul Ma’rifatKabupaten
Cianjur ini dibuat dengan mengacu kepada standar mutu yang telah ditetapkan oleh lembaga untuk
menjadi tolok ukur keberhasilan pengelolaan
dalam tahun pelajaran 2015/2016.
Kategori
|
Sasaran
|
Kegiatan
|
Indikator Kegiatan
|
Penanggung Jawab
|
Umum/
Visi dan Misi
|
1. Seluruh Guru telah memahami konsep pendidikan berwawasan Internasional dengan nilai
minimal 60%.
2. Terlaksananya 4 kali kegiatan sosialisasi konsep pendidikan Berwawasan Internasional
1. 100% termuatnya nilai-nilai Berwawasan Internasional dalam RPP
2. 100% penanaman nilai berwawasan Internasional dalam pembelajaran
3. 100%
pelaksanaan program sekolah menanamkan nilai-nilai berwawasan Internasional
|
1. Sosialisasi
tentang konsep PAMS Berwawasan Internasional kepada semua guru.
2.
Workshop tentang penerapan konsep pendidikan terpadu dalam perencanaan
pembelajaran
|
1. Seluruh Guru telah memahami konsep pendidikan berwawasan Internasional dengan nilai
minimal 60%
2. 100% guru mengikuti kegiatan workshop tentang penerapan konsep
pendidikan terpadu dalam perencanaan pembelajaran
|
Kepsek dan Kurikulum
|
Kurikulum
dan proses belajar mengajar
|
1.Terimplementasinya
muatan berfikir ilmiah dalam kegiatan pembelajaran
|
1.Seminar tentang
Student Centre Learning (SCL)
|
1.100 % guru hadir dalam seminar tentang SCL
|
|
|
2.
Terlaksananya 2 kali kegiatan sosialisasi KTSP kepada para semua guru
|
1. Workshop
penyusunan KTSP
|
1.
100% guru mengikuti kegiatan workshop tentang Workshop penyusunan KTSP
|
|
3.
100% siswa mencapai
nilai ulangan harian berdasarkan Nilai KKM
|
1. Supervisi kehadiran guru.
2. Pelaksanaan
kegiatan remedial.
3. Pelaksanaan
kegiatan privat
4. Pelaksanaan
kegiaatan pengayaan
|
1. Semua guru tersupervisi tingkat kehadiran di kelas
|
|
|
4.
100% siswa mencapai
nilai ulangan Mid Semester berdasarkan Nilai KKM
|
2. Setiap siswa yang mendapat
nilai kurang dari KKM mendapat remedial sebanyak 3 x.
3. Setiap siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM setelah remedial
sebanyak 3 x harus ikut privat.
4. . Setiap siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM disarankan ikut
kegiatan Sains Club.
|
|
||
5.
75% siswa
mencapai nilai Ujian Akhir Semester
berdasarkan Nilai KKM
|
|
|||
6.
Rerata nilai Ujian
Nasional meningkat dan Lulus 100%
|
1.Pembentukan
Tim Sukses
|
1. Terbentuknya tim sukses
|
|
|
|
2. Pelaksanaan
Bimbel
|
2. Bimbel tambahan dilakukan 2 x seminggu
|
|
|
|
|
3. Pelaksanaan
try out
|
3. Pelaksanaan tes 3
kali
|
|
|
4. Pelaksanaan
AMT
|
4. Semua siswa mengikuti program AMT
|
|
|
|
5. Rapat
pertemuan dengan Orang Tua
|
5. 50% Orang tua hadir dalam pertemuan 1 x dalam semester
|
|
|
7.
Tersosialisasikannya konsep tentang ketrampilan proses dalam pembelajaran
|
1. Pelatihan
tentang ketrampilan Proses
|
1. 100% guru hadir dalam Pelatihan.
2. 100% guru memahami tentang konsep ketrampilan proses
|
|
|
8. 60% guru yang menerapkan keterampilan proses dalam
pembelajaran.
|
1. Supervisi
Pembelajaran di kelas
|
1. 100% guru tersupervisi tentang penerapan ketrampilan proses
|
|
|
9. 60% guru
membuat RPP yang menggunakan
keterampilan proses
|
1.Supervisi
Administrasi Pembelajaran
|
1. 100% guru tersupervisi Administrasi Pembelajaran
|
|
|
10. 100 % guru yang membuat RPP
|
1. Supervisi
Administrasi Pembelajaran
2. MGMP per
mapel 1 x bulan
3. pembentukan team teaching mapel.
4. Pemberian
Reward bagi guru yang meyelesaikan tepat waktu
|
1.100% guru tersupervisi Administrasi Pembelajaran
2.
Pelaksanaan MGMP per mapel
Team Teaching untuk mata pelajarn IPS terbentuk
|
|
|
|
11.Terlaksananya
sosialisasi penelitian tindakan kelas (PTK)
|
1. Pelatihan
tentang PTK
|
100% guru hadir dalam Pelatihan
|
|
12. 30% guru
mengikuti seminar proposal penelitian tindakan kelas
|
1. Seminar
Judul PTK
|
50% guru hadir dalam Seminar judul PTK
|
|
|
13. 30% guru
yang melakukan penelitian tindakan kelas
|
1. Pelaksanaan
PTK.
2. Pemberian
biaya penelitian
|
Ada 10 orang guru melakukan PTK
|
|
|
14. 100% guru yang menggunakan minimal 3 jenis
sumber belajar
|
1. Supervisi
Pembelajaran di kelas
|
100% guru tersupervisi tentang
penggunaan media
|
|
|
15.
Terlaksananya 2 kali sosialisasi sumber belajar
|
1. Sosialisasi
tentang sumber belajar
|
100% guru hadir dalam Sosialisasi
|
|
|
Perencanaan dan
Evaluasi
|
1. Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang
progresif dan realistis
|
1. Rapat
penetapan KKM
|
1. KKM setiap mata pelajaran ditetapkan pada awal KBM
|
|
2. 100% guru
yang membuat kisi-kisi evaluasi untuk semua pokok bahasan
3. 100% guru
yang membuat alat evaluasi untuk semua pokok bahasan
4. 100% guru
melakukan analisa terhadap hasil evaluasi
|
1. Pembuatan
SOP pelaksanaan evaluasi.
2. Supervisi
tentang alat evaluasi yang dibuat oleh guru
3. Pelatihan
tentang Evaluasi Pembelajaran
4.
Sosialisasi analisa hasil evaluasi
|
1.
Tersusunya SOP pelaksanaan evaluasi.
2. 100 % guru tersupervisi tentang pelaksanaan evaluasi.
3.
100% guru mengikuti Pelatihan tentang Evaluasi Pembelajaran
4.
100% dapat melakukan upaya tindak lanjut terhadap hasil evaluasi
|
|
|
Ketenagaan
|
1. Pengembangan program pelatihan guru dalam 1 semester.
|
1. Penyusunan jadwal pelatihan guru dalam 1 semester.
|
1. Tersusunnya jadwal pelatihan guru selam 1 semester
|
|
Pembiayaan
dan Pendanaan
|
1.
Tersusunya arsip tentang kebijakan anggaran.
|
1.Pendokumentasianarsip tentang kebijakan anggaran.
|
1.Arsip tentang kebijakan anggaran
terdokumentasi
|
|
2. Tersusunya arsip
rencana anggaran belanja sekolah.
|
1.Pendokumentasianarsip rencana anggaran belanja sekolah.
|
1.Arsip tentang rencana anggaran belanja
sekolah
|
|
|
3. Tersusunya arsip
laporan keuangan.
|
1.Pendokumentasianarsip laporan keuangan.
|
1.arsip laporan keuangan terdokumentasi
|
|
|
4. Tersusun SOP tentang keuangan
|
1. Penyusunan
SOP keuangan
|
1.
SOP keuangan terdokumentasi secara baik
|
|
|
Peserta
Didik
|
1. 90% siswa
yang merasa puas dalam pelayanan pembelajaran
|
1.Penyebaran
Kuisioner
|
1. Semua siswa mendapat kesempatan mengisi kuisioner
|
|
2.
Jumlah keluhan orang tua terhadap
pembelajaran 5%
|
1.Penyebaran
Kuisioner
|
1. Semua orang tua mendapat kesempatan mengisi kuisioner
|
|
|
3. 50% siswa
memanfaatkan konsultasi studi atau karier oleh siswa/ orangtua kepada guru BK
|
1. Sosialisasi
tentang ruang lingkup Bimbingan dan Konseling
2. Membuka
layanan bimbingan konseling
3.Menyelenggarakan
seminar Psikologi
|
1. Seluruh siswa menghadiri kegiatan sosialisasi
2. Semua siswa dapat memanfaatkan jasa layanan konseling
3. Setiap siswa mengkuti kegiatan seminar
|
|
|
4. Rasio guru
BK terhadap siswa 1 : 150
|
1. Rekruting
guru BK
|
1. Rasio guru BK terhadap siswa tercukupi.
|
|
|
5.
Meningkatnya jumlah siswa yang memiliki ketrampilan dalam mempelajari sebuah
mata pelajaran
|
1. Seminar
tentang learning to learn
|
1.Setiap siswa mengkuti kegiatan seminar
|
|
|
6.Terlaksanakan kegiatan ekstra kurikuler
secara terpadu.
|
1. Pelaksanaan
kegiatan rutin Ektrakurikuler
|
1. Kegiatan ektrakurikuler berjalan secara rutin dan terkendali
|
|
|
7.
Terlaksananya minimal 10 kegiatan
kesiswaan yang dikelola oleh OSIS
|
1.Lomba KIR
& Sains Internal.
|
1. Semua siswa berkesempatan ikut dalam lomba.
2. Siswa mendapat informasi tentang siswa berpotensi dalam bidang
sains
|
|
|
2. Seminar
penulisan karya tulis dan karya ilmiah
|
1. Seluruh siswa menghadiri kegiatan seminar
|
|
||
3. Talk show
Ilmiah/teknologi
|
1.Seluruh siswa menghadiri kegiatan Talkshow
|
|
||
4. LDK
|
1. Terpilihnya pengurus osis yang baru
|
|
||
5. Leadership
Class
|
1. Seluruh siswa mendapat pemahaman tentang Leadership
|
|
||
6. Lomba
Kebersihan, Kerapihan kelas&siswa
|
1. Setiap bulan diumumkan satu kelas pemenang lomba
|
|
||
|
7. Lomba Siswa
Teladan
|
1. terpilihnya siswa teladan SMP NFBS
|
|
|
8. Clasmeeting
|
1. Seluruh kelas mengikuti secara aktif acara lomba
|
|
||
9.
Spaccy-Three/NFBS Futsal Cup
|
1. Ada 20 sekolah yang menjadi peserta
|
|
||
10. Kunjungan Ilmiah kelas 7,
8.
|
1. Semua siswa mendapatkan wawasan baru tentang mata pelajaran
|
|
||
8. Tersusunnya
panduan pengelolaan ekstra kurikuler dan OSIS
|
1. Penyusunan
panduan pengelolaan Ekstrakurikuler dan OSIS
|
1. Tersusunnya SOP pengelolaan ekstrakurikuler
|
|
|
9. Peningkatan jumlah siswa yang mampu berkomunikasi
dalam dua bahasa
|
1. Kegiatan
English Day
2. Lomba
bahasa internal
3. Kursus
Bahasa
|
|
|
|
10. Peningkatan jumlah guru yang menggunakan B.Inggris
|
1. Kursus bahasa
2. Tes kemampuan bahasa
|
|
|
BAB IV
RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT)
Jadwal Kerja Tahun Pelajaran 2018/2019
NO
|
Sasaran
|
Program dan Kegiatan Oprasional
|
Bulan
|
|||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1
|
1. Seluruh Guru telah memahami konsep pendidikan berwawasan Internasional dengan nilai
minimal 60%.
2. Terlaksananya 4 kali kegiatan sosialisasi konsep pendidikan berwawasan Internasional
1. 100% termuatnya nilai-nilai berwawasan Internasional dalam RPP
2. 100% penanaman nilai berwawasan
Internasional dalam pembelajaran
3. 100%
pelaksanaan program sekolah menanamkan nilai-nilai berwawasan internasional
|
1. Sosialisasi
tentang konsep berwawasan Internasional kepada semua guru.
2.
Workshop tentang penerapan konsep pendidikan terpadu dalam perencanaan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1.Terimplementasinya
muatan berfikir ilmiah dalam kegiatan Pembelajaran
|
1 Seminar
tentang Student Centre Learning
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Terlaksananya 2 kali kegiatan sosialisasi KTSP kepada para semua guru.
|
1.Workshop
penyusunan KTSP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. 100% siswa
mencapai nilai ulangan harian berdasarkan Nilai KKM
4. 100% siswa
mencapai nilai ulangan Mid Semester berdasarkan Nilai KKM
5. 75% siswa
mencapai nilai Ujian Akhir Semester
berdasarkan Nilai KKM
|
1. Supervisi kehadiran guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pelaksanaan
kegiatan remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Pelaksanaan
kegiatan privat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4. Pelaksanaan
kegiatan pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6. Rerata nilai Ujian Nasional meningkat dan
Lulus 100%
|
1.Pembentukan
Tim Sukses
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pelaksanaan
Bimbel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Pelaksanaan
try out
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4. Pelaksanaan
AMT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5. Rapat
pertemuan dengan Orang Tua
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7.Tersosialisasikannya
konsep tentang ketrampilan proses dalam pembelajaran.
8. 60% guru yang menerapkan keterampilan proses dalam pembelajaran.
9. 60% guru
membuat satu RPP yang menggunakan keterampilan proses
|
1. Pelaksanaan
2 x Kegiatan Pelatihan tentang ketrampilan Proses
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Supervisi
Pembelajaran di kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.Supervisi
Administrasi Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10. 100 % guru yang membuat RPP
|
1. Supervisi
Administrasi Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. MGMP per
mapel 2 x bulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.Terbentuknya team teaching mapel.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4. Pemberian
Reward bagi guru yang meyelesaikan tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11.Terlaksananya
sosialisasi penelitian tindakan kelas (PTK)
|
1. Pelatihan
tentang PTK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. 30% guru
mengikuti seminar proposal penelitian tindakan kelas
|
1. Seminar
Judul PTK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. 30% guru
yang melakukan penelitian tindakan kelas
|
1. Pelaksanaan
PTK.
2. Pemberian
biaya penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14. 100% guru yang menggunakan minimal 3 jenis
sumber belajar
|
1. Supervisi
Pembelajaran di kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
Terlaksananya 2 kali sosialisasi sumber belajar
|
1. Sosialisasi
tentang sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
1. Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang
progresif dan realistis
|
1. Rapat
penetapan KKM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. 100% guru
yang membuat kisi-kisi evaluasi untuk semua pokok bahasan
3. 100% guru
yang membuat alat evaluasi untuk semua pokok bahasan
4. 100% guru
melakukan analisa terhadap hasil evaluasi
|
1. Pembuatan
SOP pelaksanaan evaluasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Supervisi
tentang alat evaluasi yang dibuat oleh guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Pelatihan
tentang Evaluasi Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
Sosialisasi analisa hasil evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4
|
1. Pengembangan program pelatihan guru dalam 1 semester.
|
1. Penyusunan jadwal pelatihan guru dalam 1 semester.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
1.
Tersusunya arsip tentang kebijakan anggaran.
|
1.Pendokumentasianarsip tentang kebijakan anggaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Tersusunya arsip
rencana anggaran belanja sekolah.
|
1.Pendokumentasianarsip rencana anggaran belanja sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Tersusunya arsip
laporan keuangan.
|
1.Pendokumentasianarsip laporan keuangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Tersusun SOP tentang keuangan
|
1. Penyusunan
SOP keuangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
1. 90% siswa
yang merasa puas dalam pelayanan pembelajaran
|
1. penyebaran
kuisioner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Jumlah keluhan orang tua terhadap
pembelajaran 5%
|
1. penyebaran
kuisioner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. 50% siswa
memanfaatkan konsultasi studi atau karier oleh siswa/ orangtua kepada guru BK
|
1. Sosialisasi
tentang ruang lingkup Bimbingan dan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Membuka
layanan bimbingan konseling
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.Menyelenggarakan
seminar Psikologi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4. Rasio guru
BK terhadap siswa 1 : 150
|
1. Rekruting
guru BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Meningkatnya jumlah siswa yang memiliki ketrampilan dalam mempelajari sebuah
mata pelajaran
|
1. Seminar
tentang learning to learn
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.Terlaksanakan kegiatan ekstra kurikuler
secara terpadu.
|
1. Pelaksanaan
kegiatan rutin Ektrakurikuler
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Terlaksananya minimal 10 kegiatan
kesiswaan yang dikelola oleh OSIS
|
1.Lomba KIR
& Sains Internal.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Seminar
penulisan karya tulis dan karya ilmiah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Talk show
Ilmiah/teknologi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4. LDK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5. Leadership
Class
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6. Lomba
Kebersihan, Kerapihan kelas&siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7. Lomba Siswa
Teladan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8. Clasmeeting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9.
Spaccy-Three/NFBS Futsal Cup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10. Kunjungan Ilmiah kelas 7,
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8. Tersusunnya
panduan pengelolaan ekstra kurikuler dan OSIS
|
1. Penyusunan
panduan pengelolaan Ekstrakurikuler dan OSIS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. Peningkatan jumlah siswa yang mampu berkomunikasi
dalam dua bahasa
|
1. Pelaksanaan English Day
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Lomba
Bahasa internal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Membuat Slogan dalam B. Inggris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10. Peningkatan jumlah guru yang menggunakan B.Inggris
|
1. Kursus B.
Inggris buat guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Tes
Kemampuan B. Inggris Guru.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB V
PENUTUP
Alahamdulillah, berkat Rahmat dan Inayah-Nya,
Tim Pengembang Sekolah dapat menyelesaikan Rencana Kerja Tahunan (RKT) MTs Darul Ma’rifat Tahun Pelajaran 2018/2019. Rencana Kerja Tahunan (RKT) memuat program kegiatan strategis dan kegiatan
operasional tahun pelajaran 2018/2019 yang mengacu kepada Rencana Kerja Sekolah
(RKS).
Semua
program yang telah disusun di RKT tahun pelajaran 2018/2019 telah disesuaikan dengan harapan
semua pemangku kepentingan untuk mencapai Visi, Misi dan Tujuan MTs Darul
Ma’rifat.
Demikian
RKT ini telah selesai kami
susun, semoga semua program yang kami
rencanakan ini dapat terealisasi dengan
baik tanpa hambatan yang berarti dan semoga semua pihak baik pemerintah daerah
ataupun intansi terkait dapat
mendukung semua program MTs
Darul Ma’rifatKabupaten Cianjur. agar ada peningkatan baik kualitas maupun
kuantitasnya.
Tak ada gading yang tak retak,
saran-saran yang konstruktif sangatlah kami harapkan demi lebih sempurnanya
dalam penyusunan RKT tahun berikutnya.
Semoga Bermanfaat.
LEMBAR
PENGESAHAN
Rencana Kerja Tahunan (RKT) MTs Darul Ma’rifat
Tahun Pelajaran 2018/2019
Disahkan Oleh:
Serang, Juli 2018
Ketua
Komite, Kepala
MTs Darul Ma’rifat
N A R T O ROMLI HIDAYAT, S.EI
Mengetahui;
a.n. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah
Kabupaten Serang
MUHTADI, S.Ag., M.Si
NIP. 196804051990031013
Komentar
Posting Komentar